Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net


Senin, 10 Oktober 2011

Observasi Koperasi

Nama Anggota Kelompok :

Rayi Kinasih            = 25210688

Lestari Setyawati    = 24210005
Dewi Kencanawati  = 21210903
Ericha Dian .N        = 22210387
Syiam Noor .W        = 26210798
Nihlah Adawiyah     = 24210976
Dwikie Bayu .R       = 22210218

KOPERASI JASA KEUANGAN BAITUL MAL WAT TAMWIL DARUSSALAM MADANI (BMT-DM) KOTA WISATA CIBUBUR

Koperasi Jasa Keuangan (KJK) Baitul Mal Wat Tamwil Darussalam Madani (BMT-DM) Kota Wisata, Gunung Putri, Bogor,


• Diresmikan Oleh Kementerian Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Drs. Suryadharma Ali MSi Pada 9 September 2007 yang diprakarsai oleh Badan Pengelola Masjid Darussalam Kota Wisata, Gunung Putri, Bogor, dengan modal awal sekitar Rp 185 juta.

• Dewan Pengurus BMT DM, Imam Prakoso serta Anggotanya adalah pengurus masjid dan pedagang di Fresh Market Cibubur.
• Aktivitas utama usaha koperasinya didasarkan pada prinsip syariah, yaitu setiap transaksi menggunakan akad-akad syariah yang disahkan oleh DSN-MUI atau minimal oleh ulama/ustadz setempat.

Struktur Organisasi Koperasi Jasa Keuangan (KJK) Baitul Mal Wat Tamwil Darussalam Madani (BMT-DM) Kota Wisata, Gunung Putri, Bogor.


Ketua Koperasi :

Imam Prakoso
Wakil Ketua :

Candra Dermawan
Sekretaris I :

Eko Heri Hantono
Sekretaris 2 :

Imam Mustofa
Bendahara :

Achmad Zamroni

Koperasi Jasa Keuangan (KJK) Baitul Mal Wat Tamwil Darussalam Madani (BMT-DM) Kota Wisata, Gunung Putri, Bogor, memiliki tujuan yaitu :


• ingin memperkenalkan niat dan upaya untuk memberdayakan kaum dhuafa, usaha kecil dan menengah (UKM), dan seluruh pemangku kepentingan melalui Koperasi Jasa Keuangan Syariah yang berbasiskan Masjid.


Budaya kerja yang diterapkan oleh Koperasi Jasa Keuangan (KJK) Baitul Mal Wat Tamwil Darussalam Madani (BMT-DM) Kota Wisata, Gunung Putri, Bogor, yaitu :


I = Integritas yang Tinggi

B = Bekerja Cerdas
A = Amanah
D = Disiplin
A = Antusias
H = Handal

Berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh Koperasi Jasa Keuangan (KJK) Baitul Mal Wat Tamwil Darussalam Madani (BMT-DM) Kota Wisata, Gunung Putri, Bogor, yaitu :


1. Penghimpunan dana melalui tabungan dan simpanan jangka panjang dengan prinsip wadiah (titipan) dan mudharabah (hasil usaha)

2. Penyaluran dana pembiayaan
3. Jual beli
4. Kerja sama dalam pemberian modal kerja usaha dan sewa.
5. Menempatkan dana pada lembaga sejenis atau bank.
6. Pengelolaan pembayaran listrik, telepon, PAM, dan gaji guru.

Koperasi Jasa Keuangan (KJK) Baitul Mal Wat Tamwil Darussalam Madani (BMT-DM) Kota Wisata, Gunung Putri, Bogor, sebagai salah satu koperasi berbasis syariah di Indonesia, di mana dalam waktu dua tahun mampu mengembangkan asetnya hingga Rp 2,28 miliar serta koperasi itu mampu menghimpun anggota hingga 500 orang, dan mampu membeli gedung di kawasan itu sebagai kantornya.


Selain itu, BMT DM juga telah menggunakan standar operasi secara on-line terkomputerisasi sehingga seluruh anggotanya terintegrasi dengan kartu anggota yang on-line, layaknya kartu ATM perbankan. koperasi itu memiliki tingkat kredit macet (Non-Performing Loan/NPL) yang hampir nol persen.


Koperasi Jasa Keuangan (KJK) Baitul Mal Wat Tamwil Darussalam Madani (BMT-DM) Kota Wisata, Gunung Putri, Bogor, itu memberikan kesempatan akses pembiayaan mulai dari Rp 500.000-Rp 20 juta dengan jangka waktu pembiayaan 1-24 bulan melalui sistem bayar angsuran harian, mingguan, dan bulanan.


Koperasi Jasa Keuangan (KJK) Baitul Mal Wat Tamwil Darussalam Madani (BMT-DM) Kota Wisata, Gunung Putri, Bogor, memiliki tingkat kredit macet (Non-Performing Loan/NPL) yang hampir nol persen karena itu koperasi ini akan menjadi proyek percontohan koperasi syariah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar