Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net


Jumat, 12 November 2010

tugas 6


1.Jelaskan dengan singkat, ada berapa sifat produksi yang saudara ketahui, max 4 ?
Selalu barorientasi pada kualitas dan efisiensi.
Kualitas dan efisiensi produk perlu menjadi dasar bagi proses produksi. Dalam era globalisasi persaingan antar produk yang sejenis berjalan sangat ketat, oleh karena itu di dalam proses produksi harus menjaga kualitas produk yang baik sehingga banyak digemari konsumen. Berani mengambil resiko
Dalam proses produksi, haruslah berani menanggung kerugian jika ternyata hasil usahanya belum memberi keuntungan untuk sementara waktu.
Mampu menentukan tujuan
Dengan tujuan yang jelas seorang produsen dapat dengan mudah menilai apakah bidang usaha yang digelutinya sesuai dengan tujuan yang dicanangkan.
Mampu membuat perencanaan dan pengawasan yang efektif
Tanpa ada perencanaan produsen tidak mampu melakukan penetapan prioritas kegiatan dalam memanfaatkan berbagai sumber dan faktor produksi yang dimiliki dalam jumlah yang terbatas.
Sumber :
Nurhadi Suryanto.2004.Ekonomi SMP Kelas VII.Jakarta:Erlangga
Alam.2007.Ekonomi Untuk SMA dan MA Kelas X.Jakarta:Erlangga
http://pksm.mercubuana.ac.id

2.Jelas2.jelaskan dengan singkat pengertian produksi secara umum dan secara ekonomi ?

Pengertian produksi secara umum yaitu menghasilkan suatu barang yang memuliki nilai jual dan kegunaan tertentu sehingga dapat di minati dalam pasar.
 
Pengertian produksi secara ekonomi yaitu menghasilkan kekayaan melalui eksploitasi manusia terhadap sumber-sumber kekayaan lingkungan” Atau bila kita artikan secara konvensional, produksi adalah proses menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa dengan menggunakan sumber daya yang ada.

3.Dalam bidang produksi mempunyai 5 tanggung jawab keputusan utama sebutkan dan jelaskan ?
1.Di antara korban/konsumen di satu pihak dan produsen di lain pihak, beban kerugian (resiko) seharusnya ditanggung oleh pihak yang memproduksi/mengeluarkan barang-barang cacat/berbahaya tersebut di pasaran;
2.Dengan menempatkan/mengedarkan barang-barang di pasaran, berarti produsen menjamin bahwa barang-barang tersebut aman dan pantas untuk dipergunakan,dan bilamana terbukti tidak demikian, dia harus bertanggung jawab;
3.Sebenarnya tanpa menerapkan prinsip tanggung jawab mutlak-pun produsen yang melakukan kesalahan tersebut dapat dituntut melalui proses penuntutan beruntun, yaitu konsumen kepada pedagang eceran, pengecer kepada grosir, grosir kepada distributor, distributor kepada agen, dan agen kepada produsen. Penerapan strict liability dimaksudkan untuk menghilangkan proses yang panjang ini.
4.Bertanggung jawab atas kontrak kerja  secara hukum dengan berbagai pihak dalam produksi yang dikelola.
5.Bertanggung jawab atas seluruh produksi.
Sumber




Tidak ada komentar:

Posting Komentar