Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net


Jumat, 08 Oktober 2010

tugas 2

1 . sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi ?
1. kelangkaan (scarcity)
keterbatasan kita menyebabkan banyak hal terasa langka. kelangkaan mencakup kuantitas, kualitas, tempat dan waktu
2. pilihan-pilihan
dalam setiap masyarakat selalu di dapati bahwa kebutuhan manusia tidak terbatas. manusia tidak pernah merasa puas atas apa yang mereka peroleh dan mereka capai. apabila keinginan sebelumnya sudah terpenuhi, maka keinginan-keinginan yang lain akan muncul
3. biaya kesempatan (opportunity cost)
ilmu ekonomi memandang manusia sebagai makhluk rasional, pilihan yang di buatnya berdasarkan pertimbangan untung rugi. dengan membandingkan biaya yang harus di keluarkan dan hasil yang akan di peroleh
sumber :
penghantar ekonomi 1
oleh Sri Murtiasih,SE.,MM

2. apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial, jelaskan ?
Perusahaan : Perusahaan biasanya bersifat komersil, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan tujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya.
Lembaga sosial : Lembaga sosial lebih bersifat sukarela, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan niat untuk menolong dan membantu tanpa mencari keuntungan. Biasanya lembaga sosial menawarkan jasa.
sumber :
http://arievaldo.wordpress.com/2010/10/06/2-perbedaan-antara-perusahaan-dengan-lembaga-sosial/

3. apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tempat dan letak perusahaan ?
  • Wilayahnya stategis. Dimaksudkan agar masyarakat dapat menemukannya dengan mudah, fasilitas lingkungan sekitar yang memungkinkan masyarakat akan datang ke perusahaan, seperti dipinggir jalan raya, atau di wilayah yang padat penduduk.
  • Dapat terjangkau oleh masyarakat. Maksudnya dari transportasi, dirikan perusahaan sebaiknya di tempat yang banyak di lewati oleh banyak kendaraan.
  • Aman dari bencana alam. Bencana seperti banjir, tanah longsor, dsb dapat menghambat kegiatan perusahaan. Hal ini memang sulit dihindarkan, namun sebaiknya diusahakan meminimalkan resiko tersebut.
  • Lingkungan ysng tepat. Jika perusahaan adalah perusahaan dagang, sebaiknya dirikan pada tempat dimana masyarakatnya membutuhkan, sebagai contoh perusahaan menjual mainan anak-anak, maka sebaiknya memilah lingkungan yang banyak anak-anaknya.
sumber :
http://arievaldo.wordpress.com/2010/10/06/3-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-letak-dan-tempat-perusahaan/

4. tunjukan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam usaha (jelaskan dengan contoh) ?
1. lingkungan eksternal mikro : lingkungan eksternal yang langsung berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran. lingkungan luar. mikro meliputi pelaku-pelaku yang aktif berperan dalam proses kegitan pemasaran. meskipun keberadaannya di luar, tetapi pemasar masih dapat mempengaruhi kegiatan-kegiatan mereka, dengan kata lain pemasar mampu mengendalikan lingkungan luar mikro.
contohnya :
-pemasok
-pesaing
-perantara
-pasar

2. lingkungan eksternal makro : pengaruh-prngaruh tidak langsung yang berada di luar kekuasaan atau kendali pemasar. pengaruh-pengaruh tersebut akan memaksa pemasar untuk menyesuaikan arah dan strategisnya tetap survive di lingkungannya.
contoh :
-kondisi perekonomian
-hukum, politik, dan pemerintah
-kependudukan dan keseimbangan lingkungan
-teknologi
-sosial dan kebudayaan
sumber :
buku dasar pemasaran
oleh Teguh Budiarto
universitas gunadarma


www.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar